Mengenal Demam Berdarah Dengue: Gejala, Fase Penyakit, dan Tips Pemulihan

Mengenal Demam Berdarah

Mengenal Demam Berdarah Dengue: Gejala, Fase Penyakit, dan Tips Pemulihan

Demam berdarah dengue( DBD) diakibatkan oleh virus dengue yang tersebar lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejala DBD meliputi demam besar tiba- tiba, diiringi dengan perih kepala, sakit perut, mual, serta muntah.

Bagi Pimpinan Komite Wilayah Peristiwa Ikutan Pasca Imunisasi( KIPI) Kalimantan Timur, dokter William S Tjeng SpA( K), DBD cenderung sembuh dengan sendirinya serta tidak terdapat penyembuhan spesial yang diketahui buat penyakit ini.

Walaupun tidak terdapat penyembuhan spesial buat DBD, sebagian langkah natural bisa menolong memesatkan pemulihan serta kurangi indikasi:

Rehat Lumayan: Istirahat yang mencukupi sangat berarti buat membolehkan sistem imunitas badan melawan virus dengue. Jauhi kegiatan raga berat serta yakinkan buat tidur yang lumayan.

Memperbanyak Konsumsi Cairan: Demam besar pada DBD bisa menimbulkan kehilangan cairan tubuh, sehingga berarti buat minum banyak cairan semacam air putih, juice buah, ataupun sup. Cairan menolong melindungi temperatur badan normal serta menghindari kehilangan cairan tubuh yang bisa memperparah keadaan.

Walaupun sebagian orang bisa jadi yakin kalau juice jambu, angkak, ataupun kurma bisa tingkatkan trombosit serta menolong pemulihan DBD, belum terdapat fakta ilmiah yang menampilkan perihal ini efisien.

Apakah Angkak Bagus untuk DBD?

William menarangkan kalau hingga dikala ini, tidak terdapat obat tradisional semacam juice jambu, angkak, ataupun kurma yang teruji efisien buat tingkatkan trombosit.

Trombosit hendak bertambah secara natural sehabis fase demam berdarah berakhir, tanpa butuh pemakaian obat- obatan bonus.

Demam berdarah tidak mempunyai obat spesial, tetapi minuman yang tingkatkan volume cairan dalam pembuluh darah semacam air putih, teh, ataupun kuah- kuah sup, sangat disarankan.

” Ingin minum air putih, boleh. Teh, boleh. Kuah- kuah yang sup- sup itu enggak papa,” katanya.

Misalnya, untuk mereka yang menggemari cairan dari kurma, dianjurkan buat komsumsi dengan air guna membenarkan kecukupan cairan.

Bila dibutuhkan, pemakaian infus dapat dipertimbangkan.

Apa Indikasi Awal DBD?

William berkata indikasi awal dari demam berdarah dengue( DBD) telah tentu demam,” Sebab namanya demam berdarah, tentu demam yang awal timbul. Jadi, demam itu dapat sebab DBD ataupun pemicu yang lain.”

Berapa Fase Demam Berdarah?

Bagi William, demam berdarah dengue( DBD) terdiri dari 3 fase utama:

  • Fase demam: Biasanya terjalin hingga 48 jam awal.
  • Fase kritis: Fase ini terjalin sehabis fase demam 48 jam awal hingga hari keenam ataupun hari ketujuh.
  • Fase pengobatan: Fase yang diucap pula dengan fase resolusi ini sehabis melalui dari hari ketujuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *